selamat datang di blog pengobatan.net semoga kalian senang dengan blog saya.

Saturday, July 10, 2021

Cara Memilih Oksimeter Pulse

Pulse oximeter merupakan alat yang di gunakan untuk mengecek fungsi paru – paru dan jantung. Alat ini juga digunakan untuk mendeteksi hipoksia bahagia, suatu kondisi ketika kadar oksigen dalam darah sangat rendah. Hipoksia yang bahagia dapat menyebabkan organ-organ utama dalam tubuh tidak berfungsi dan berakibat fatal.

Saat ini banyak pilihan produk oxymeter yang bisa anda pilih dan sudah banyak beredar di pasaran. Ada berbagai cara untuk menggunakannya. Maka dalam artikel ini kami akan membahasnya. Perhatikan baik-baik dan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!

Cara Memilih Oksimeter Pulse

Apa itu oksimeter pulse?

Alat ini di gunakan untuk mengetahui denyut nadi dalam darah dan mengukur saturasi oksigen. Dengan begitu, Anda bisa mengecek kondisi jantung dan paru-paru Anda tanpa harus mengambil sampel darah. Saturasi oksigen (SpO2) adalah persentase hemoglobin dalam arteri yang terikat oksigen. Hemoglobin inilah yang mengalir dari jantung ke seluruh tubuh.

Jika Anda dalam keadaan sehat, nilai saturasi oksigennya sekitar 96 hingga 99%. Nilai saturasi oksigen dalam tubuh akan menurun jika Anda mengalami kerusakan paru-paru seperti pneumonia. Oleh karena itu, alat ini berguna untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya pneumonia berat.

Perlu diingat, pulse oximeter adalah perangkat medis untuk dokter. Jadi, biarlah seorang profesional medis menafsirkan arti dari nilai hasil pengukuran pulse oximeter. Alat ini bisa dibeli secara online dan dioperasikan dengan mudah. Namun, sebagai panduan utamanya, Anda tetap harus berkonsultasi dengan seorang profesional medis.

Apakah pulse oximeter dapat mendeteksi gejala COVID-19?

Di tengah pandemi global COVID-19, pulse oximeter menjadi benda yang mendapatkan perhatian banyak kalangan. Hal ini karena pulse oximeter digunakan untuk penderita pneumonia, peradangan paru-paru dengan gejala yang mirip COVID-19. Namun, kenyataannya pulse oximeter tidak dapat mendeteksi infeksi COVID-19 pada tubuh seseorang.

Perangkat ini digunakan oleh profesional medis untuk menilai tingkat keparahan pneumonia dan kondisi medis pasien. Jika Anda merasa tidak enak badan, sebaiknya melakukan konsultasi pada profesional seperti dokter atau perawat. Hal itu jauh lebih baik daripada Anda melakukan diagnosa tubuh sendirian.

Cara memilih pulse oximeter

Ada banyak jenis produk pulse oximeter yang beredar di pasaran dengan berbagai fungsi, bentuk, dan Oximeter Harga. Hal itu mungkin akan membingungkan Anda saat hendak memilihnya. Maka dari itu, simaklah dengan saksama setiap poin cara memilih pulse oximeter berikut ini.

Pilih produk yang tersertifikasi untuk akurasi pengukuran yang tepat

Pilihlah produk pulse oximeter dengan tingkat akurasi yang tinggi. Produk dengan akurasi presisi umumnya telah lulus sertifikasi ISO (International Standard Organization) dan SNI (Standar Nasional Indonesia). Sertifikasi dan label ISO dan SNI tidak akan diberikan bila tingkat akurasi pada pulse oximeter belum memenuhi standar. Jadi, pastikan produk yang Anda pilih telah telah memiliki sertifikasi dari ISO atau SNI, ya.

Sesuaikan tampilan pulse oximeter dengan kebutuhan

Saat memilih pulse oximeter, Anda perlu memastikan hal-hal yang memengaruhi tampilannya. Kami akan mengulas hal-hal tersebut di bawah ini.

Layar LED atau OLED, tampilan jelas dan mudah terbaca

ampilan pulse oximeter yang jelas memudahkan Anda untuk mengetahui hasil dari pengecekan. Maka dari itu, kami merekomendasikan untuk memilih produk dengan tampilan LED atau organic EL (OLED). Angka dan tulisan dari kedua jenis tampilan tersebut terlihat dengan jelas.

Tampilan LED/OLED memiliki piksel yang memancarkan cahaya secara terpisah. Karena itu, tampilan ini akan menunjukkan nilai saturasi oksigen lebih jelas daripada jenis liquid crystal. Selain itu, pulse oximeter dengan display LED dan OLED dapat digunakan di tempat gelap. Dengan demikian, digunakan pada malam hari pun tidak masalah.

Multi-angle, memeriksa saturasi oksigen orang lain lebih mudah

Ada juga jenis pulse oximeter yang memiliki orientasi tampilan multi-angle. Fitur multi-angle ini direkomendasikan untuk para perawat atau ibu yang merawat anak kecil di rumahnya. Dengan fitur multi-angle, Anda dapat mengubah orientasi tampilan menjadi empat arah atau dua arah sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa mengukur saturasi oksigen diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Share: