selamat datang di blog pengobatan.net semoga kalian senang dengan blog saya.

Monday, June 21, 2021

Menu Catering Pernikahan Wajib ala Adat Sunda

Dalam pernikahan adat Sunda, keragaman makanan tradisional memang senantiasa melekat sampai hari ini. Bagi Anda yang ingin mengadakan pesta pernikahan berdasarkan adat Sunda, tentukan wedding venue Bandung terbaik sekaligus makanan khas Sunda yang istimewa.

Menu Catering Pernikahan Wajib ala Adat Sunda

Menu Catering Pernikahan Adat Sunda

  1. Karedok

Makanan khas Sunda yang satu ini adalah favorit para pecinta sayuran. Karedok sendiri menggunakan berbagai macam sayuran yang disiram dengan bumbu kacang. Biasanya, isian karedok berupa mentimun, tauge, kacang panjang, kol, hingga terong hijau.

Bumbu kacangnya sendiri dibuat istimewa karena memiliki aroma yang segar dan wangi. Kencur menjadi salah satu bahan rahasia yang melezatkan bumbunya. Meskipun sudah banyak yang menjajakannya, menu ini wajib ada dalam pernikahan adat Sunda.

  1. Gepuk Sapi

Olahan daging sapi yang satu ini diolah dengan baik dan menghasilkan tekstur yang empuk. Tidak heran kalau Anda terasa mudah untuk mengunyah dan menikmatinya. Ciri khas rasanya adalah gurih manis karena memakai rempah-rempah khusus saat membuatnya.

Gepuk sapi memang sudah menjadi langganan menu catering yang hadir saat acara syukuran maupun pernikahan dengan adat Sunda.

  1. Nasi Tutug Oncom

Nama lainnya adalah sangu tutug oncom dan biasa disingkat dengan sebutan nasi TO. Makanan ini dibuat dari nasi yang diaduk bersama oncom goreng atau bakar. Selain diaduk, nasi dan oncom ditumbuk hingga merata sempurna dan terasa nikmat jika disajikan hangat-hangat.

Nasi tutug oncom komplit biasanya menggunakan lauk ayam goreng serundeng, tahu goreng, tempe goreng, selada, karedok, lalapan, sambal terasi, hingga kerupuk aci.

  1. Trancam Mentimun

Sekilas, Anda bisa melihat penampakannya mirip dengan karedok. Bedanya, makanan ini menggunakan lebih banyak mentimun segar dan ditambahkan dengan kacang panjang. Memakai bumbu serundeng berbahan dasar parutan kelapa yang sudah disangrai.

Ketika sudah jadi, trancam mentimun akan menjadi pelengkap bagi nasi tutug oncom. Sangat direkomendasikan untuk dimakan selagi nasi masih hangat.

  1. Bistik Sapi Kuah Kental

Satu lagi makanan olahan sapi yang sayang jika tidak dimasukkan dalam daftar menu pernikahan adat Sunda. Berbeda dengan beef steak yang terkesan Western, bistik sapi sudah melekat bagi masyarakat Jawa, Sunda, dan Betawi.

Daging sapi yang diiris-iris sebelumnya diolah lebih empuk dan tebal. Selain itu, kuahnya jauh lebih kaya rasa serta bertekstur kental. Tidak heran karena bumbu-bumbu dasarnya memang terdiri dari kayu manis, jahe, cengkeh, kapulaga, serta pala.

  1. Nasi Tumpeng Ayam

Alternatif lain dari nasi tutug oncom adalah nasi tumpeng ayam. Khusus menu yang satu ini, katering harus menyediakan ayam beserta dengan ceker dan sayapnya. Hal ini konon menjadi simbol filosofi bagi pengantin dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Nasi tumpeng ayam disajikan dengan daging ayam nikmat bersama sayuran lalapan sebagai pelengkap yang segar.

Mengadakan pernikahan dengan adat Sunda kini semakin mudah bersama YELLO Hotel. Berbagai vendor catering siap bekerjasama untuk menghidangkan makanan Sunda terbaik bagi calon pengantin, keluarga, hingga tamu undangan. Siapkan pernikahan berkualitas dengan venue terbaik YELLO Hotel.

Share: